Jumat, 07 Oktober 2011

Usaha Desain Fashion di Jogja


Usaha Kreatif Lokal di Yogyakarta


Usaha Kreatif Lokal
Desain Fashion
Usaha ini mencakup di bidang pembuatan desain pakaian, aksesori, produk pakaian, dll yang berhubungan dengan fashion. Kali ini saya mau mengambil riset tentang sebuah Outlet pakaian tren jaman sekarang yaitu “Distro”. Distro atau sebuah Outlet yang menjual pakaian maupun aksesori lainnya memiliki sebuah pengertian salah satu Usaha Kreatif mengapa demikian? Karena selain menjual juga memiliki sebuah inovasi atau kreatif untuk menentukan desain dan jenis produk yang akan di pasarkan. 

Menurut pengamatan yang saya lakukan sebuah “Distro” memiliki berbagai macam pekerja untuk memyelesaikan desain produknya, yaitu : Desain pakaian, Pencetak (sablon), Pembuat pakaian, Pendistribusi (marketing). Setiap pekerja tersebut saling melengkapi dan bergantung satu sama lain. Jika salah satu mengalami trouble (masalah) kemungkinan produksi barang tersebut mengalami kegagalan.
Selain produksi pakaian juga terdapat barang lainnya, adapun sistemnya sama saja seperti memproduksi pakaian mungkin berbedanya Cuma terletak pada namanya. Untuk mengembangkan dan menjalani usaha ini kita harus mempunyai relasi yang cukup luas untuk memdapatkan keuntungan. Mengapa demikian karena setiap daerah jenis dan kesukaan pakaian (fashion) berbeda-beda, contohnya mungkin di Bandung sedang marak dengan desain fashion A sedangkan di Yogyakarta desain fashion B. Maka kita harus pintar-pintar untuk mengetahui strategi pemasaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar